h1

Tol Naik, Macetnya kapan ilang?

June 14, 2007

Tarif tol bakal naik. Minimal 20 %. Tarif  Rp.1.500 akan berubah jadi Rp. 1.800. Karena ggk ada duit Rp.200, maka petugas tol ggk bakal ngembaliin uang 200 perak itu atau paling2 ngasih kembaliannya pake permen. Sehingga tarif Rp 1.500 akhirnya akan jadi Rp.2.000 atau bersihnya naik 25 %. Tarif dalam kota yang Rp. 4.500 dan katanya akan jadi Rp.5.400 pasti akan dibulatkan jadi Rp.5.500 atau naik 22.22 % karena alasan ggk ada kembalian uang. Duh gampang banget yah mungut uang rakyat.

 

 

Pertanyaannya apakah dengan kenaikan itu kualitas layanan berubah menjadi baik. Apa ada jaminan tidak ada lagi pemandangan dimana jalan tol berubah jadi tempat parkir setiap jam pulang kantor? Jangan mimpi.

 

 

Berharap mengurangi jumlah pengguna mobil  pribadi adalah mimpi jika sistem transportasi massal tidak buru2 dibenahi. Busway? oke lah. Tapi masih sedikit. Lewatnya (kecuali koridor 1) masih atu-atu.  Monorail? Entah kapan selesainya. Besi angker yang menjadi tulang penyangga betonnya pun sudah mulai karatan. Waterway? Masih 1.7 Km rute nya. Jangan heran mobil pribadi tetap penuh di jalan arteri maupun di tol. Tetap macet cet.

 

Balik ke soal tol. Bagaimana kalo pemerintah membuat aturan yang mewajibkan pemberian kompensasi oleh operator kepada pengguna tol yang merasa dirugikan jika pelayanan tetap buruk?

Bernegara itu perlu keseimbangan dan kreatifitas pemerintah!. Bukan cuma pinter ngutip duit rakyat!  

macetcet.jpg

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: