h1

Minah, Dikau Dimana?

August 22, 2007

Siapa yang menghisap minyak tanah dan minyak goreng itu sehingga 2 barang itu menghilang di pasaran. Ada yang bilang si “minah” itu menghilang karena pemaksaan program konversi bahan bakar masak ke gas. Sementara minyak goreng naik karena meningkatnya harga CPO dunia.

Di kampung metropolitan ini dan seluruh pelosok negeri ini orang antri dimana-mana untuk beberapa liter minyak tanah. Bila perlu adu jotos. Catat! ini bukan tahun 1965, ini tahun 2007 setelah 62 tahun kita merdeka. Mau masak pake kayu pun, kayunya sudah tak ada.

Suatu ironi tatkala kita bergembira menyambut hari ulang tahun republik ini, kita malah dihadiahi kelangkaan kebutuhan dapur itu. Sejauh ini tidak jelas apa yang mau diperbuat pemerintah untuk menghentikan kelangkaan ini. Salah seorang anggota dewan malah menolak jika publik mempersalahkan pertamina. Pertamina hanya jualan katanya. BPH Migas dan DESDM bertanggung jawab soal distribusinya.

Konversi kalo memang menjadi pilihan terakhir karena pemerintah mau menekan subsidi ya lebih baik dipersiapkan dengan sematang-matangnya. Perhatikan juga kultur masyarakat kita. Masyarakat kita tidak terbiasa belajar cepat. Wong disuruh antri aja susah, apa lagi ini mengubah cara hidup (di dapur). Ukur juga diri sendiri apakah pemerintah benar2 sudah siap untuk konversi ini sepenuhnya. Ingat kesalahan manajemen buntutnya adalah keresahan di tingkat bawah. Implementasi harusnya bertahap, jangan instan. Maunya serba cepat, langsung nikmat. Mirip kontes idol2an, cepat populer untuk kemudian langsung senyap.

Ayo, bersama kita bisa…

Sama-sama manyun…. dan merana🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: